8/01/2005

Pohon-pohon UI

lagi-lagi, beberapa pohon hutan depan Psikologi ditebang. tepatnya pohon-pohon yang berada di pinggir jalan menuju pintu keluar gerbang UI. sebelumnya sudah banyak pohon yang ditebang setelah peristiwa pembunuhan mahasiswa fasilkom di sabtu sore beberapa bulan lalu. gw sih maklum. kalo tujuannya supaya jarak pandang orang-orang jadi luas dan jelas. jadi kalo ada sesuatu orang lain bisa membantu. sekarang, untuk apalagi pohon-pohon itu ditebang? gw merasa udah terlalu banyak pohon yang dikorbankan.

sebelum peristiwa pembunuhan itu, hutan depan fisip juga udah diperkecil. pohon-pohon di babat habis. dibuat lahan parkir.

Gw senang UI punya hutan yang luas dan lebat. karena itu gw bisa liat tupai loncat dari satu dahan ke dahan lain. bisa lari pagi di bawah rimbun dedaunan. dan di tengah ganasnya geliat kota Depok membangun hutan-hutan beton, gw bangga UI masih ijo royo-royo.

terus, untuk apalagi pohon-pohon itu ditebang? buat lahan parkir mahasiswa dan dosen UI yang kaya-kaya itu? ah... gw berharap pihak universitas sadar kalo Depok itu daerah resapan air.

2 comments:

MeMySelf said...

Ah, dasar Idefix...
To be continued....
Buru-buru nih...

MeMySelf said...

Tadi gw ngelewatin hutan depan Psiko Wi. Dan gw kaget ngeliat pohon-pohon yang ditebang. Tapi, kemudian gw ngeliat, ada pohon yang baru ditanam juga. So, prinsip "patah tumbuh hilang berganti" ternyata berlaku.

Gw bukannya mau membenarkan tindakan penebangan hutan ini. Tapi yang gw perhatiin di UI, ada lahan hijau yang dibabat, tapi kemudian ada juga lahan yang kemudian ditanami. Seperti lapangan di sebelah Fasilkom yang ditanami pohon baru. Dulu kan lahan ini kosong dan dijadiin lapangan buat main bola. Beberapa tahun yang akan datang, lahan ini akan hijau. Namun, bisa juga sebaliknya juga sih. Ditebangi. Entah untuk pembanguna gedung apa. Buat Mall UI mungkin?